0
20 Juli 2010 Post By: IMC Aktivasi Otak Tengah

Tujuan Aktivasi Otak Tengah

Tujuan optimalisasi aktivasi otak tengah, adalah bukan untuk memberikan kemampuan melihat dengan mata tertutup. Tugas kita selanjutnya adalah memotivasi dan membantu anak agar otak tengahnya bisa berkembang dengan baik. Jangan membandingkan kemampuan anak kita dengan anak lain. Setiap anak mempunyai tinggi dan berat badan yang berbeda. Tentu saja perkembangan otak tengah mereka berbeda. Yang terpenting disini adalah otak tengah anak kita telah diaktifkan.



A. Mencegah Anak tidak Sombong

Pada dasarnya seseorang yang telah di aktivasi otak tengahnya mempunyai kemampuan mengasihi lebih tinggi dibandingkan dengan orang lain. Mereka akan menjadi orang yang lebih baik dan kreatif. Kesombongan akan membatasi kemampuan ini.

B. Kegiatan dengan Mata Tertutup bukan Merupakan Tujuan Aktivasi Otak Tengah

Kemampuan untuk melihat dengan mata tertutup bukan tujuan utama optimalisasi aktivasi otak tengah. Kemampuan ini hanya suatu tanda awal dari otak tengah yang telah aktif. Keuntungan terbesar dari otak tengan yang aktif adalah kemampuan otak yang lebih besar, serta terjadinya keseimbangan antara otak kanan dan otak kiri.

C. Anak yang Gembira Bisa Lebih Memanfaatkan Otak Tengahnya

Penelitian para ahli menunjukkan bahwa otak berada dalam keadaan paling baik jika mengeluarkan gelombang Alpha. Otak denga gelombang Alpha adalah otak yang kreatif dan siap menerima pelajaran dengan maksimal. Sayangnya, gelombang Alpha ini tidak muncul dalam keadaan tertekan atau terpaksa.

Gelombang otak Alpha banyak muncul saat bangun tidur dan dalam keadaan senang. Usahakanlah anak Anda selalu dalan keadaan gembira ketika sedang berlatih otak tengah. Biarkan keadaan gembira ini berlanjut terus dalam proses belajar regular mereka.


D. Memotivasi Selalu Lebih Baik daripada Mengharuskan

Kita harus menumbuhkan motivasi untuk melakukan sesuatu. Kita dapat menceritakan banyak tentang hal-hal menarik yang dapat mereka raih, sesuai dengan keinginan mereka. Biarkan keinginan mereka berkembang tanpa batas, sehingga mereka mempunyai semangat untuk mengembangkan otak tengah mereka.


LATIHAN SEHARI-HARI

A. Senam Otak Kanan dan Kiri

Senam otak kanan dan otak kiri dilakukan dengan gerakan tertentu, sebagai contoh dari gerakan ini adalah tangan kanan membuat gerakan melingkar dan tangan kiri membuat gerakan membentuk bujur sangkar. Setelah beberapa waktu gerakan tangan kanan dan kiri ditukar.

B. Senam bola mata

Otak tengah adalah bagian otak yang mengontrol gerakan mata. Akan diberikan beberapa pola garis yang harus diikuti oleh gerakan mata. Dengan merangsang otak tengah melalui gerakan mata, diharapkan otak tengah akan lebih mudah teraktifkan dan berkembang.

C. Latihan dengan Mata Tertutup sebelum Belajar

Setelah anak dapat melihat dengan mata tertutup, ia dapat melakukan sedikit latihan sebelum mulai belajar. Hal ini dapat membuat otak tengah ikut serta dalam proses belajar. Otak tengah dapat mengaktifkan daya ingat anak dan daya persepsi (mengerti) dari anak tersebut.



APA YANG DAPAT DIHARAPKAN

A. Melihat dengan Mata Tertutup di Dalam Ruang Terang

Pada tingkat ini memang gelombang otak mengarah seperti arahan lobang hidung. Mereka dapat melihat benda-benda yang ada diarena depan bawah mereka dengan lebih baik.

B. Kemampuan Mental Super

Kemampuan mental super ini dapat kita bayangkan seperti pesulap-pesulap professional. Anak-anak ini tidak dilatih menjadi pesulap, tetapi mempunyai kemampuan seperti para pesulap.

C. Memori FotoGrafis

Kemampuan ini membutuhkan latihan memori dan asosiasi. Memori fotografis adalah kemampuan merekam suatu gambar atau tulisan didalam otak. Lalu, mereka dapat melihat atau membaca ulang tulisan atau gambartersebut dari otak mereka.

D. Kreatif dan Inovatif

Otak tengah merupakan jembatan komunikasi antara otak kanan dan otak kiri. Dengan terbukanya jembatan ini, interaksi otak kanan dan otak kiri menjadi lebih lancar. Kreatifitas bisa membuat seseorang mempunyai ide pemecahan masalah yang lebih baik.

E. Karakter Lebih Stabil karena Otak Kanan dan Otak Kiri Seimbang
Otak tengah yang telah diaktifkan dapat menyeimbangkan fungsi otak kanan dan otak kiri. Dengan diaktifkan otak tengahnya, mereka akan mempunyai keseimbangan yang baik. Anak akan memiliki rasa kasih saying yang lebih besar.

F. Prestasi di Sekolah Meningkat

Setelah otak tengahnya diaktivasi, prestasi anak disekolah diprediksi akan meningkat. Anak akan lebih mudah mengingat dan daya tangkapnya menjadi lebih tinggi.



Halaman

Copyright Reserved IMC 2010.
Design by: Bingo | Blogger Templates by Blogger Template Place | supported by One-4-All